Angan-angan, rintangan dan ajal manusia

Diposkan oleh Imam Akhmad on Sabtu, 05 Maret 2011


Perhatikan gambar, gambar ini adalah skema tentang kehidupan manusia dan yang membuat gambar ini bukanlah manusia biasa, beliau adalah Nabi Muhammad SAW yang membuat sketsa gambar tersebut. Bagi temen-temen yang mempunyai hadist Tirmidzi juz-4 No. 2571, silahkan di buka:

Dari Abdillah ibnu mas’ud berkata; Rosulullah SAW menggaris pada garis segi empat (Garis segiempat warna merah), dan menggaris tengahnya pada garis (Garis warna biru), dan menggaris keluar dari garis segiempat tadi (Garis warna hijau), dan kanan-kiri dalam garis yang tengah beberapa garis (Garis warna orange yang banyak).

Kemudian Nabi bersabda:
“Ini adalah gambar anak turun adam (Manusia), dan Ini (Garis segiempat warna merah) adalah ajalnya yang meliputi (mengelilingi) anak adam, dan ini (Garis warna biru) yang ditengah adalah manusia, dan ini (Garis warna orange yang banyak) adalah rintangannya manusia jika selamat dari rintangan ini maka akan mengenai rintangan yang lain, dan ini (Garis warna hijau) yang keluar adalah angan-angan manusia.”

Perhatikanlah garis warna orange, mengenai rintangan. Manusia akan selalu mendapat rintangan , cobaan dalam hidupnya. Selesai dari rintangan yang satu maka akan timbul rintangan yang lain, selesai rintangan yang lain maka akan muncul rintangan berikutnya, terus menerus rintangan akan selalu muncul silih berganti sampai manusia menjumpai ajalnya.

Banyak orang jatuh dalam hidupnya karena begitu banyaknya rintangan, dari rintangan yang kecil sampai yang besar. Kejatuhan dalam menghadapi rintangan bisa dalam masalah dunia untuk mengejar harta ataupun juga dalam masalah akherat untuk mengejar sorga. Jika tidak hati-hati dan sabar dalam mengahadapi rintangan maka bisa-bisa celakalah manusia. Ada temen yang bilang “ngga ada ceritanya orang jatuh kesandung gunung!!” bahwa orang jatuh biasanya mulai dari hal-hal yang kecil, sepele, ngga keliatan, yang samar, tapi taunya berubah jadi monster ganas yang menggerogoti iman dan keyakinan.

Perhatikan garis segiempat yang merah, manusia selalu dikelilingi oleh kematian, kapanpun dan dimanapun manusia selalu diancam dengan kematian. yang harus selalu diingat bahwa mati itu datangnya sewaktu-waktu, setelah mati ada sorga dan ada neraka. Yang menjadi ancaman kita adalah karena Allah telah menyediakan Neraka sehingga kita harus takut dengan kematian yang bisa menjerumuskan ke dalam neraka. Manusia yang bisa selamat dari ancaman siksa neraka adalah manusia yang paling beruntung.

Perhatikan garis yang keluar, mengenai angan-angan manusia. Angan-angan manusia selalu jauh kedepan bahkan angan-angannya sampai sangat jauh sekalai melebihi umurnya. Itulah manusia, selalu mempunyai angan-angan yang tinggi walaupun didepan mata kematian sedang mengancam.

Marilah kita renungi sebuah skema hebat yang dibuat oleh orang yang hebat yaitu Nabi Muhammad SAW.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar